Rabu, 02 Mei 2012

Psikologi Pendidikan dan Media Pembelajaran

1. Coba jelaskan persinggungan antara teknologi dan pendidikan !
               Teknologi berperan sebagai sumber informasi seperti situs – situs pengetahuan dan sebagai pendukung dalam perbandingan pendidikan antara satu negara dengan negara yang lainnya. Adapun beberapa fasilitas dalam teknologi, seperti internet yang menyediakan jasa pendidikan online (home schooling).  Oleh karena itu, semakin canggih perkembangan teknologi maka akan meningkatkan kualitas pendidikan. Akan tetapi, dengan pesatnya perkembangan teknologi juga dapat menurunkan kualitas pendidikan, tergantung bagaimana siswa mengarahkan penggunaannya. Contohnya dengan adanya internet, siswa akan dengan mudah mengakses dan mendapatkan banyak informasi baru. Namun, siswa juga dapat melakukan tindakan kriminal seperti hacker dan kecanduan game online.
2. Coba bandingkan yang anda baca dibuku tentang standar untuk murid yang “melek teknologi” dengan pendidikan di medan (masa sekolah) !
  • Pra  Taman kanak – kanak – Grade 2

Berdasarkan buku yang kami baca, anak – anak pada usia ini sudah harus diperkenalkan hardware komputer dan menggunakan sumber daya teknologi. Akan tetapi berdasarkan pendidikan di medan, anak – anak pada usia ini masih cenderung untuk bermain, diajarkan mewarnai, membaca dan menulis. Namun, adapula beberapa sekolah yang sudah menyediakan fasilitas teknologi seperti komputer.
  • Grade 3 – Grade 5

Berdasarkan buku yang kami baca, anak – anak pada usia ini sudah mulai menggunakan beberapa sumber daya teknologi, seperti kalkulator, multimedia, alat presentasi dan sumber daya online (seperti email, diskusi online, dan web). Sedangkan berdasarkan pendidikan di medan , anak – anak pada usia ini masih belum menggunakan email maupun diskusi online, akan tetapi murid sudah menggunakan web dalam proses penyelesaian tugas, contohnya search engine : yahoo, google, dan sebagainya.
  •  Grade 6 – Grade 8

Berdasarkan buku yang kami baca, anak – anak seusia ini sudah menggunakan teknologi secara lebih maksimal dan efektif, seperti menggunakan hardware dan software serta mengembangkan potensi diri. Sedangkan berdasarkan di medan, anak – anak seusia ini sudah menggunakan beberapa software dalam teknologi seperti photoshop, coreldraw, email, jejaring sosial, dan online shop sehingga dengan begitu mereka dapat mengaplikasikan kemampuan yang mereka miliki melalui teknologi tersebut.
  • Grade 9 – Grade 12

Berdasarkan buku yang kami baca, anak – anak pada usia ini sudah menggunakan informasi online secara rutin dan memanfaatkan sarana teknologi untuk hidup secara praktis. Sedangkan berdasarkan kenyataan di medan, anak – anak pada usia ini hanya menggunakan teknologi untuk mencari kesenangan.
3. Apakah yang dimaksud dengan ubiquitous computing? Lalu, berikan pandangan tentang pernyataan tersebut!
                Ubiquitous computing merupakan generasi ketiga yang menekankan pada distribusi komputer ke lingkungan, bukan ke personal yang mana memungkinkan manusia dapat berinteraksi dengan komputer secara terus – menerus dimana saja, kapan saja dan dalam kondisi apapun. Ubiquitous computing berbeda dengan realitas virtual dimana pada umumnya ubiquitous computing memaksa komputer eksis di dalam dunia manusia, sedangkan realitas virtual menempatkan orang yang eksis di dalam dunia yang diciptakan komputer.
                Menurut pandangan kami, dalam periode ubiquitous computing ini, teknologi akan sangat mudah dan murah untuk diakses oleh khalayak ramai, sehingga manusia dapat memanfaatkan teknologi tanpa dibatasi oleh lokasi.
 daftar pustaka :
Santrock., J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua) (h 492-505). Jakarta: Prenada Media
Group
hasil diskusi diatas dihasilkan dengan kerjasama dengan :
 DENSI WAHYUNI              (111301045) 
WAHYU HABIBIE              (111301075)
 MIRA TANTRI                    (111301099)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar