Sabtu, 10 Maret 2012

Psikologi Pendidikan



Mahasiswa Psikologi Pendidikan dan Blognya ?
Psikologi pendidikan adalah cabang dari ilmu psikologi yang mempelajari, mengkaji perilaku individu, kelompok dan sosial dalam situasi pendidikan. Pendidikan yang dimaksud adalah pendidikan formal. Karena konsentrasinya pada persoalan belajar, yakni persoalan-persoalan yang senantiasa melekat pada subjek didik, maka konsumen utama psikologi pendidikan ini pada umumnya adalah pada pendidik. Mereka memang dituntut untuk menguasai bidang ilmu ini agar mereka, dalam menjalankan fungsinya, dapat menciptakan kondisi-kondisi yang memiliki daya dorong yang besar terhadap berlangsungnya tindakan-tindakan belajar secara efektif.
Dalam perkembangannya, pendidikan mulai tidak bisa dilespaskan dengan teknologi yang makin hari makin berkembang, sampai terkadang tidak bisa satu persatu kita ikuti. Cara belajar dan pembelajarannya pun sudah makin berkembang, yang awalnya belajar itu identik dengan tatap muka didalam kelas berubah melalui media elektronik atau yang sering disebut e-learning (dalam hal ini blog dan email). Penting atau tidak sih mahasiswa belajar melalui media elektronik ? penting atau tidaknya mungkin itu subjektif. Tapi segala sesuatu yang dibuat pasti memilki dampak positif dan dampak negatif.
Secara ringkas akan dipaparkan dampak positif dan dampak negative dari kepemilkikan blog dan email bagi mahasiswa.
Dampak Positif
- Dengan adanya blog yang dimiliki oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Psikologi Pendidikan, akan mempermudah proses belajar apabila dosen tidak bisa masuk ke kelas.
- Membantu mahasiswa untuk menjadi kreatif, yaitu dengan mengembangkan imajinasi mereka untuk mengisi blog tersebut
- Mahasiswa menjadi tidak gagap teknologi, seperti yang kita ketahui di Indonesia khususnya di Medan sudah ada beberapa sekolah yang menggunakan E-learning. Sebagai mahasiswa harusnya kita juga sudah menggunakannya .
- Mahasiswa juga dapat mengekspresikan diri melalui blog tersebut yang dapat mencerminkan siapa diri mereka.
- Tugas- tugas mahasiswa yang di posting ke blog, merupakan salah satu cara paperless ( hemat kertas ) yang berarti mengurangi global warming.
- Mahasiswa juga lebih bisa bersosialisai dengan teman-teman yang ada di blog mereka, contohnya bertukar informasi yang sedang In, dll.


Dampak Negatif
- Penggunaan blog ini akan sulit bagi mahasiswa yang tidak memilki komputer atau laptop, mereka harus pergi ke warnet untuk mengakses blog tersebut.
- Terkadang jaringan pada Modem tidak selalu bagus. Hal ini juga bisa menyulitkan mahaiswa dalam penggunaan blog tersebut.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan, bahwa penggunaan blog bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah Psikologi Pendidikan memilki lebih banyak dampak positif daripada dampak negatif dan akan lebih baik lagi jika adanya komunikasi atau interaksi yang baik antara mahasiswa dan dosen dalamm penggunaan blog ini.

hal diatas dihasilkan atas kerjasama saya dengan :
Oktavia R R Putri (11-015)
Yohana (11-083)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar